Sabtu, 05 Januari 2013

contoh program squential pada cobol dan logikanya


-          Cara membuat program menu file sequential pada aplikasi cobol
1.       Bukalah run dengan mengetik windows + r, lalu muncul command from dan ketikan h: (enter) untuk masuk ke drive h, selanjutnya cd cobol dan edit sq.cob
2.       Di dalam program yang bernama sq.cob, kita ketikan koddingan yang di tunjukan pada gambar di bawah ini :



File sequential ini mempunyai logika yaitu jika di ketik Y atau y maka akan mengulang kembali menu sequential tetapi jika T atau t maka program sequential di hentikan.
Di bagian seksi layar itu akan menampilkan layar kosong dan menampilkan kata “input kode”. Dengan persetujuan koddingan “kode” di kolom 15, dengan jumlah karakter sebanyak 6.
Di bagian divisi prosedur, jika kode inputnya di masukan  kata “lx 800” maka akan memunculkan data epson, dan jika kode inputnya di masukan kata “hp1010” maka akan memunculkan data hp laser.
Sebelum memunculkan nama data tersebut akan muncul kata-kata “printer yang anda gunakan adalah :”, jika sudah muncul nama data akan keluar kata kata “apakah ada kode lainnya” jika anda ketik y atau Y maka akan muncul ke perulangan input kode kembali.
3.       Ini lah cara mengkompile file cobol yang kita beri nama sq.cob:
-          Klik file lalu klik save kemudian exit
-          Ketika sudah berada di cmd maka ketik “cobol sq.cob”, jika tidak ada yang error maka running lah file tersebut dengan cara runcob sq.cob, berikut screenshot nya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar